Dampak Positif dan Negatif Rontgen Sinar X

Sinar X
1. Sebuah relatif tinggi-energi foton memiliki panjang gelombang dalam kisaran perkiraan dari 0,01
sampai 10 nanometer.

2. Sebuah aliran foton tersebut, digunakan untuk kekuasaan mereka menembus dalam radiografi, radiologi, radioterapi, dan penelitian ilmiah. Sering digunakan dalam bentuk jamak. Juga disebut sinar rontgen.
FOTO RONTGEN

Definisi

Sinar X adalah jenis radiasi yang digunakan dalam pencitraan dan terapi yang menggunakan energi panjang gelombang pendek sinar mampu menembus zat yang paling kecuali logam berat.

Tujuan

Diagnostik sinar x adalah beberapa alat yang paling kuat pencitraan medis yang tersedia. teknik pencitraan lain yang tidak menggunakan sinar x termasuk Magnetic Resonance Imaging (MRI),
ultrasonografi, dan pencitraan radionucleotide. Berdasarkan gejala yang disajikan oleh pasien, dokter dapat meminta sinar tertentu x (seperti dada sinar x) yang membantu banyak jenis diagnosis kanker,
termasuk sarkoma, limfoma, dan kanker paru-paru. sinar X memungkinkan dokter untuk memvisualisasikan kondisi tertentu tubuh internal dengan sedikit atau tanpa prosedur invasif. Kondisi dapat digambarkan pada film fotografi, atau untuk
informasi yang kompleks dan lebih rinci, computed tomography (CT scan), fluroscopy, atau angiografi dapat digunakan.

Kewaspadaan

Sebelum menyetujui prosedur x-ray, pasien harus mempertimbangkan dampak dari kondisi medis yang ada atau obat. Sensitivitas untuk pewarna kontras dapat menghasilkan reaksi alergi. Wanita hamil atau mereka yang mencurigai mereka mungkin hamil
harus berkonsultasi dengan dokter sebelum perawatan x-ray untuk menghindari cedera pada
janin.
Perawatan ibu mungkin diperlukan untuk menyimpan susu yang cukup untuk bertahan selama 48 jam setelah prosedur tertentu. Usia pasien harus selalu dipertimbangkan ketika memilih jenis dan intensitas sinar x. Pasien harus menyadari bahwa beberapa obat kanker diresepkan bertindak sebagai radiosensitizers dan memperkuat efek sinar x. Setiap pasien dengan sistem kekebalan ditekan atau diabetes mungkin memerlukan prosedur khusus x-ray.

Deskripsi

X-ray prosedur yang diberikan di rumah sakit atau pengaturan klinis. Kebanyakan prosedur dapat
dilakukan secara rawat jalan. Waktu yang diperlukan untuk prosedur ini mungkin bervariasi dari beberapa
menit untuk lebih dari satu jam. Ada sedikit atau tidak ada ketidaknyamanan yang berhubungan dengan
sinar x diagnostik. Prosedur umum untuk sinar x diagnostik mencakup:
Tepat posisi dan melindungi pasien Administrasi pewarna Sebaliknya, jika perlu Pemberian radiasi, review dari film-film oleh seorang teknisi untuk memastikan pencitraan yang tepat Penjadwalan waktu untuk meninjau film-film dengan ahli radiologi. Namun, jika fluoroskopi atau angiography digunakan, prosedur adalah dinamis (bergerak), dan ahli radiologi hadir selama pemerintahan sinar x.

Pemberhentian pasien

Persiapan

Diagnostik sinar x membutuhkan persiapan sedikit. Pasien mungkin diharuskan untuk menjauhkan diri dari makanan dan cairan untuk jangka waktu tertentu sebelum sinar x. Untuk beberapa sinar x, enema
mungkin diperlukan atau agen kontras dapat diberikan segera sebelum atau selama prosedur.

Rehabilitasi

Untuk non-invasif prosedur x-ray diagnostik, pasien diberhentikan segera setelah film telah ditinjau, dan
sedikit atau aftercare tidak diperlukan.
Resiko

Sebagai aturan umum untuk sinar x menunjukkan bahwa efek menguntungkan sinar x jauh melebihi resiko yang terlibat. Sebagai hasil dari pelatihan bersertifikat dan kepatuhan pedoman yang ketat, risiko dari aplikasi teknik pada dasarnya tidak ada.
Namun, untuk setiap prosedur x-ray, paparan radiasi selalu perhatian, dan meskipun jarang, risiko infeksi selama teknik invasif tidak dapat diabaikan.

Normal Hasil

Diagnostik rontgen memberikan informasi rinci yang dokter dapat digunakan untuk menentukan pendekatan yang terbaik untuk memperbaiki atau mengontrol masalah medis. Hasil normal akan menunjukkan tidak ada kelainan yang ada.

Abnormal Hasil

hasil abnormal akan menunjukkan ketidakberesan seperti tumor, kelenjar getah bening yang membesar, atau efusi pleura. Meskipun sangat tidak mungkin, diagnostik x-ray film bisa salah membaca dan salah diagnosis dibuat.

Simak Baca secara fonetik
1. Untuk menyinari dengan x-ray.
2. Untuk foto dengan x-ray.

MANFAAT SINAR X

Dalam ilmu kedokteran, sinar x dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien.

Biasanya, masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’. Selain bermanfaat, sinar x mempunyai efek/dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita yaitu apabila di gunakan secara berlebihan maka akan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya, misalnya kanker. Oleh sebab itu para dokter tidak menganjurkan terlalu sering memakai ‘’FOTO RONTGEN’’ secara berlebihan.

KERUGIAN SINAR X

Setelah Roentgen memperlihatkan hasil pemotretan dengan sinar-X terhadap tangan istrinya yang memakai cincin, dimana pada gambar tersebut terlihat dengan jelas ruas-ruas tulang jari tangannya, maka manusia mulai menyadari akan manfaat besar yang dapat diperoleh dari pemenuan radiasi pengion tadi. Pemanfaatan radiasi pengion dalam bidang kedokteran, terutama sinar-X, berkembang pesat beberapa saat setelah penemuan radiasi tersebut. Penguasaan pengetahuan mengenai radiasi pengion oleh umat manusia yang terus meningkat dari waktu ke waktu juga memungkinkan dimanfaatkannya radiasi tersebut dalam berbagai bidang kegiatan di luar kedokteran, di samping pemanfaatan-nya di dalam bidang kedokteran sendiri juga terus mengalami peningkatan.
Dampak Positif dan Negatif Rontgen Sinar X

Beberapa efek merugikan yang muncul pada tubuh manusia karena terpapari sinar-X dan gamma segera teramati beberapa saat setelah penemuan kedua jenis radiasi tersebut [1]. Efek merugikan tersebut berupa kerontokan rambut dan kerusakan kulit. Pada tahun 1897 di Amerika Serikat dilaporkan adanya 69 kasus kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar-X, sedang pada tahun 1902 angka yang dilaporkan meningkat menjadi 170 kasus. Pada tahun 1911 di Jerman juga dilaporkan adanya 94 kasus tumor yang
disebabkan oleh sinar-X. Meskipun beberapa efek merugikan dari sinar-X dan gamma telah teramati, namun upaya perlindungan terhadap bahaya penyinaran sinar-X dan gamma belum terfikirkan.

Marie Curie, penemu bahan radioaktif Po dan Ra meninggal pada tahun 1934 akibat terserang oleh leukemia. Penyakit tersebut besar kemungkinan akibat paparan radiasi karena seringnya beliau berhubungan dengan bahan-bahan radioaktif. Sinar-X, atau sinar rontgen, adalah gelombang elektromagnetik di mana medan listrik dan magnetik berkala variabel tegak lurus satu sama lain dan terhadap arah propagasi. Jadi mereka identik di alam dengan cahaya tampak dan semua jenis radiasi yang
merupakan spektrum elektromagnetik. Secara umum, sinar X dihasilkan sebagai akibat dari transisi energi elektron atom disebabkan oleh pemboman dari bahan berat atom tinggi dengan elektron energi tinggi. Lihat juga radiasi elektromagnetik.

Menyusul penemuan WR Röntgen tentang “jenis baru sinar” pada tahun 1895, ilmuwan lain menemukan kondisi percobaan penting untuk membuktikan bahwa x-ray dapat terpolarisasi, difraksi oleh kristal, dibiaskan pada prisma dan kristal, tercermin dari cermin, dan terdifraksi oleh memerintah grating. Lihat juga optik sinar-X.
Rontgen Sinar X

Dampak Positif dan Negatif Rontgen

Kisaran sinar-x dalam spektrum elektromagnetik, sebagaimana bersemangat dalam tabung x-ray oleh penembakan target anoda oleh elektron katoda bawah potensi percepatan tinggi, tumpang tindih jangkauan ultraviolet pada urutan 100 nanometer pada sisi panjang-panjang gelombang, dan batas- panjang gelombang terpendek bergerak turun seiring dengan meningkatnya tegangan. Potensi percepatan dari 109 volt, sekarang mudah dihasilkan, menghasilkan panjang gelombang 10-15 m (10-6 nm). Panjang gelombang rata-rata yang digunakan dalam penelitian adalah 0,1 nm, atau sekitar 1 / 6000 panjang gelombang cahaya kuning. Lihat juga X-ray tube.

Dalam difraksi, refraksi, polarisasi, dan fenomena interferensi, x-ray, bersama dengan semua radiasi terkait lainnya, tampaknya bertindak sebagai gelombang. Dalam lainnya fenomena-seperti munculnya garis-garis spektral tajam, batas panjang gelombang pendek pasti dari spektrum kontinu “putih”, pergeseran panjang gelombang sinar-x dihamburkan oleh elektron dalam atom (efek Compton), dan efek fotolistrik- energi tampaknya disebarkan dan ditransfer dalam kuanta, yang disebut foton. Lihat juga efek Compton, difraksi Electron, Neutron difraksi, Photoemission, Mekanika kuantum. menggunakan Penting telah ditemukan untuk x ray di berbagai bidang usaha ilmiah, misalnya, spektrometri rontgen dan diffractometry rontgen. tabel luas dari panjang gelombang garis emisi x-ray dalam seri (K, L, M, dan sebagainya) dan sisi-sisi penyerapan yang disebut, karakteristik unsur-unsur kimia, membayar informasi yang diperlukan untuk analisis kimia, persis seperti dalam kasus spektrum emisi optik dan untuk derivasi dari teori struktur atom untuk menjelaskan asal-usul spektrum. Lihat juga Historadiography; Microradiography, radiasi biologi, Radiografi, Radiologi, X-ray kristalografi; difraksi sinar-X, sinar-X analisis fluoresensi; X-ray mikroskop, sinar-X metode serbuk.

Bagaimana Kerja Sinar X

Sinar X lulus dengan mudah melalui udara dan jaringan lunak tu. buhKetika mereka menemukan bahan lebih padat, seperti tulang, tumor, atau fragmen logam, mereka harus berhenti. Diagnostik sinar x yang dilakukan dengan posisi bagian tubuh yang akan diperiksa antara sinar terfokus sinar x dan sebuah film piring berisi. Proses ini tidak menimbulkan rasa sakit. Semakin besar kepadatan materi bahwa sinar x melalui, sinar lebih banyak diserap. Jadi tulang menyerap lebih banyak sinar x dari otot atau lemak, dan tumor dapat menyerap sinar lebih x dari jaringan di sekitarnya. Sinar x yang melalui mogok tubuh plat fotografi dan berinteraksi dengan molekul perak pada permukaan film.

Setelah pelat film selesai diproses, bahan padat seperti tulang muncul sebagai putih, sedangkan jaringan lebih lembut muncul sebagai warna abu-abu, dan airspaces terlihat hitam. Seorang ahli radiologi,
yang adalah seorang dokter terlatih untuk menafsirkan diagnostik sinar x, meneliti gambar dan laporan ke dokter yang memerintahkan tes. Plain film sinar x biasanya mengambil hanya beberapa menit untuk melakukan dan dapat dilakukan di rumah sakit, pusat radiologi, klinik, dokter atau dokter gigi kantor, atau di samping tempat tidur dengan mesin x-ray portabel.

Khusus Jenis Prosedur Sinar-X

Mammogram adalah tetap pelat sinar x yang dirancang untuk menemukan tumor di dalam payudara. Gigi sinar x yang dirancang untuk menemukan kerusakan dalam gigi. Kadang-kadang cairan kontras bahan yang disebut (misalnya, barium) digunakan untuk membantu garis organ internal seperti usus. Bahan kontras menyerap sinar x, membantu membuat jaringan lunak lebih mudah terlihat pada film x-ray. Kontras material yang umum digunakan dalam pembuatan x sinar dari sistem pencernaan. Cairan kontras dapat ditelan atau disuntikkan, tergantung pada bagian tubuh yang sedang x rayed. Hal ini dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan kecil.

Fluoroskopi adalah teknik x-ray khusus yang menghasilkan gambar real-time pada monitor televisi. Dengan fluoroscopy, bahan kontras disuntikkan ke pembuluh darah. Dokter kemudian dapat menonton gerakan real-time dari bahan kontras untuk menentukan apakah ada penyumbatan dalam sirkulasi. Fluoroskopi juga digunakan untuk membantu kateter membimbing ke tempat di hati selama kateterisasi jantung atau untuk membimbing suatu endoskopi selama operasi endoskopi.

Computed tomography atau CT scan bekerja pada prinsip yang sama seperti sinar x pelat tetap, hanya dengan CT scan, sebuah tabung sinar x berputar di sekitar individu, mengambil ratusan gambar yang kemudian dikompilasi oleh komputer untuk menghasilkan penampang dua dimensi tubuh. Walaupun banyak gambar yang diambil untuk menghasilkan CT scan, dosis total radiasi individu terkena rendah. teknik pencitraan umum lainnya seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan USG tidak menggunakan sinar x.

Plat Tetap sinar x tes diagnostik sangat umum.
Sebuah teknologis x-ray terlatih mengambil ray x. Individu pertama diminta untuk menghapus pakaian dan perhiasan dan mengenakan gaun rumah sakit. Posisi teknologi x ray pasien tepat, sehingga bagian tubuh yang akan diperiksa dengan sinar x akan dilakukan antara sinar x-ray dan plat film. Biasanya individu baik terletak di meja diatur atau berdiri. Bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap kerusakan oleh sinar x (misalnya, organ reproduksi, tiroid) yang dilindungi dengan celemek timah hitam. Timbal sangat padat dan efektif melindungi tubuh dengan menghentikan semua sinar x.

Hal ini penting untuk tetap diam selama sinar x, karena gerakan menyebabkan gambar yang dihasilkan akan kabur. Kadang-kadang pasien diminta untuk menahan napas sebentar selama prosedur. Anak-anak yang belum cukup umur mengikuti petunjuk atau yang tidak bisa diam mungkin perlu dikendalikan atau diberikan obat untuk tenang mereka untuk menjaga mereka masih cukup untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat. Kadang-kadang orang tua bisa tinggal dengan anak-anak selama sinar x, kecuali ibu hamil, dalam hal ini dia harus melindungi janin dari paparan sinar-x.

6 comments:

Refky wijaya said...

sangat membantu gan
http://coretan-rwijaya.blogspot.com/

Unknown said...

Iya. . trmksh informasinya. .

Unknown said...

Pantes kemaren siap x ray rambutku rontok parah.. Thanks informasinya

Unknown said...

Pantes kemaren siap x ray rambutku rontok parah.. Thanks informasinya

Unknown said...

Saya ingin rontgen jadi membatalkan niat saya

ureimamstikespertamedika said...
This comment has been removed by the author.