Fungsi dan Istilah Fisiologi Jantung Sistem Kardiovaskuler pada Manusia

fisiologi, jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling vital fungsinya dibandingkan dengan organ tubuh vital lainnya. Dengan kata lain, apabila fungsi jantung mengalami gangguan maka besar pengaruhnya terhadap organ-organ tubuh lainya terutama ginjal dan otak. Karena fungsi utama jantung untuk pump the blood atau memompa darah ke organ pulmo/paru-paru dan ke seluruh tubuh. Jantung merupakan organ utama dalam system kardiovaskuler.
Fisiologi Jantung Sistem Kardiovaskuler pada Manusia 

Jantung dibentuk oleh organ-organ muscular, apex dan basis cordis, atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri.Ukuran jantung kira-kira panjang 12 cm, lebar 8-9 cm seta tebal kira-kira 6 cm. Berat jantung sekitar 7-15 ons atau 200 sampai 425 gram dan sedikit lebih besar dari kumpalan tangan. Setiap harinya jantung berdetak 100.000 kali dan dalam masa periode itu jantung memompa 2000 galon darah atau setara dengan 7.571 liter darah. Posisi jantung terletak diantar kedua paru dan berada ditengah tengah dada, bertumpu pada diaphragma thoracis dan berada kira-kira 5 cm diatas processus xiphoideus.Pada tepi kanan cranial berada pada tepi cranialis pars cartilaginis costa III dextra, 1 cm dari tepi lateral sternum. Pada tepi kanan caudal berada pada tepi cranialis pars cartilaginis costa VI dextra, 1 cm dari tepi lateral sternum. Tepi kiri cranial jantung berada pada tepi caudal pars cartilaginis costa II sinistra di tepi lateral sternum, tepi kiri caudal berada pada ruang intercostalis 5, kira-kira 9 cm di kiri linea medioclavicularis.

RUANG JANTUNG

Jantung manusia terdiri atas 4 ruang dengan sekat dan katup yang sempurna. Ruang tersebut yakni:

1. Serambi Kanan/atrium dexter.

Terletak pada jantung bagian kanan atas dan embelan kecil, menyerupai telinga kanan, berfungsi sebagai bilik penyimpana sementara sehingga darah dapat tersedia untuk ventrikel kanan.Darah tidak teroksigen dari sirkulasi sistemik memasuki serambi kanan lewat tiga vena, vena cava inferior,vena cava superior/vena cava anterior, dan sinus koroner.

2. Bilik Kanan/ventrikel dexter.

Bilik pemompa bagi sirkulasi paru paru, dengan dinding yang lebih tebal dan lebih berotot dari pada serambi, berkontraksi dan memompakan darah tidak teroksigen lewat katup paru-paru memaruh bulan bertaring tiga dan menuju arteri besar, cabang paru-paru.Yang berfungsi memompa darah ke pulmo melalui valvula pulmonalis dan disalurkan ke pulmo oleh pembuluh arteri pulmonalis sinister.

3. Serambi Kiri/atrium sinister

Serambi kiri adalah ruang jantung yang menerima darah yang kaya oksigen dari pulmo melalui pembuluh vena pulmonalis sinister dan darah tersebut kemudian disalurkan ke ventrikel sinister melalui valvula bikuspidalis/valvula mitral.

4. Bilik kiri/ventrikel sinister

Bilik kiri adalah bilik pemompa bagi sirkulasi sistemik.Karena tekanan darah yang lebih besar di butuhkan untuk memompa darah yang melalui sirkulasi sistemik jauh lebih besar dari pada melalui sirkulasi paru-paru,ventrikel kiri lebih besar dan dinding-dindingnya lebih tebal dari pada ventrikel kanan. Ketika ventrikel kiri berkontraksi, ventrikel pemompa darah teroksigen lewat katup aorta memaruh bulan menuju arteri besar, aorta dan keseluruh tubuh. Peristiwa berikut terjadi di ventrikel kiri, secara serentak dan sama dengan apa yang terjadi pada ventrikel kanan.

KATUP JANTUNG

Fungsi katup jantung adalah untuk mempertahankan aliran satu arah. Diantara atrium kanan dan ventrikel kanan ada katup yang memisahkan keduanya yaitu katup trikuspid, sedangkan pada atrium kiri dan ventrikel kiri juga mempunyai katup yang disebut dengan katup mitral/ bikuspid. Kedua katup ini berfungsi sebagai pembatas yang dapat terbuka dan tertutup pada saat darah masuk dari atrium ke ventrikel.

1. Katup Trikuspid

Katup trikuspid berada diantara atrium kanan dan ventrikel kanan. Bila katup ini terbuka, maka darah akan mengalir dari atrium kanan menuju ventrikel kanan. Katup trikuspid berfungsi mencegah kembalinya aliran darah menuju atrium kanan dengan cara menutup pada saat kontraksi ventrikel. Sesuai dengan namanya, katup trikuspid terdiri dari 3 daun katup.

2. Katup Pulmonalis

Setelah katup trikuspid tertutup, darah akan mengalir dari dalam ventrikel kanan melalui trunkus pulmonalis. Trunkus pulmonalis bercabang menjadi arteri pulmonalis kanan dan kiri yang akan berhubungan dengan jaringan paru kanan dan kiri. Pada pangkal trunkus pulmonalis terdapat katup pulmonalis yang terdiri dari 3 daun katup yang terbuka bila ventrikel kanan berkontraksi dan menutup bila ventrikel kanan relaksasi, sehingga memungkinkan darah mengalir dari ventrikel kanan menuju arteri pulmonalis.

3. Katup Bikuspid

Katup bikuspid atau katup mitral mengatur aliran darah dari atrium kiri menuju ventrikel kiri.. Seperti katup trikuspid, katup bikuspid menutup pada saat kontraksi ventrikel. Katup bikuspid terdiri dari dua daun katup.

4. Katup Aorta

Katup aorta terdiri dari 3 daun katup yang terdapat pada pangkal aorta. Katup ini akan membuka pada saat ventrikel kiri berkontraksi sehingga darah akan mengalir keseluruh tubuh. Sebaliknya katup akan menutup pada saat ventrikel kiri relaksasi, sehingga mencegah darah masuk kembali kedalam ventrikel kiri.

LAPISAN JANTUNG

Dinding jantung terdiri dari 3 lapis yaitu :

1. Epikardium (Pericardium visceral)

Lapisan bagian luar jantung ini terdiri dari 2 lapisan yaitu perikardium fibrosa dan serosa. Di dalam kantong perikardium terdapat cairan yang memudahkan gerakan dan sangat mengurangi gesekan jantung terhadap jaringan sekitarnya. Perikardium fibrosa, yaitu lapisan luar yang melekat pada tulang dada, diafragma dan pleura. Perikardium serosa, yaitu lapisan dalam dari perikardium yang terdiri dari lapisan parietalis;melekat pada perikardium fibrosa dan lapisan viseralis yang melekat pada jantung yang juga disebut epikardium. Diantara keduanya terdapat rongga yang disebut rongga perikardium yang berisi sedikit cairan pelumas atau yang disebut cairan perikardium kurang lebih 10 atau 30 ml yang berguna untuk mengurangi gesekan yang timbul akibat pergerakan jantung.

2. Myocardium

Myocardium (myo = otot) yaitu jaringan utama otot jantung yang bertanggung jawab atas kemampuan kontraksi jantung, yang terdiri dari sel-sel otot dan membentuk bagian terbesar dinding dari masing-masing bilik. Myocardium ventrikel kiri lebih tebal dari kanan. Akibatnya, ventrikel kiri dapat membuat tekanan lebih besar saat berkontraksi.

3. Endokardium

Lapisan tipis dan halus yang menjadi pembatas dalam jantung bagian dalam otot jantung yang berhubungan langsung dengan darah dan juga bersifat sangat licin untuk aliran darah, seperti halnya pada sel-sel endotel pada pembuluh darah lainnya yang membentuk katup jantung. Ketika darah bergerak melewati jantung, darah memasuki empat bilik dan memiliki empat kutup. Dua ruang bagian atas, serambi(antrium) kanan dan kiri, dipisahkan secara longitudinal oleh sekat antar serambi(septum interatrium), dua ruang bagian bawah, ventrikel kanan dan kiri adalah mesin pemompa jantung dan dipisahkan secara longitudinal oleh sekat antar vertikel(septum interventrikel). Sebuah katup terdapat pada setiap bilik untuk mencegah darah mengalir kembali kedalam bilik tempat darah berasal.

No comments: